Sudahkah Capaian Perkembangan Sang Buah Hati Sesuai Dengan Usianya?

Hadirnya sang Buah Hati ke dunia merupakan sebuah anugerah luar biasa yang diberikan oleh Tuhan kepada Moms dan Dads. Melihatnya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang pintar dan menggemaskan tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para Moms. Menurut Kementerian Kesehatan RI (2014), tumbuh-kembang Buah Hati terjadi karena adanya beberapa faktor seperti faktor gizi, pelayanan kesehatan, lingkungan fisik dan sosial, serta perilaku sehingga penting bagi Moms dan Dads untuk mendampingi sang Buah Hati!

Berbicara mengenai tumbuh-kembang anak, hal ini tidak melulu mengenai pertambahan berat badan ataupun tinggi badan saja lho Moms! Tetapi Moms juga perlu memikirkan pencapaian perkembangannya. Yup! Pencapaian perkembangan atau yang umumnya dikenal dengan istilah Milestone anak diklasifikasikan berdasarkan usia sang Buah Hati, Moms. Selain faktor usia, pencapaian perkembangannya juga dapat dibagi menjadi empat jenis Milestone lho Moms.

Apakah Moms pernah melihat sang Buah Hati berhasil mencocokan potongan puzzle? Nah, itu merupakan salah satu bentuk Milestone nya secara kognitif Moms. Selain itu, pencapaian perkembangan lainnya yang seringkali Moms sadari adalah Milestone gerakan (movement), seperti halnya ketika ia mulai bisa merangkak, duduk, berdiri, berjalan, atau menunjukan gerakan lainnya. 

Tidak berhenti sampai disitu, secara Bahasa ia juga menunjukan beberapa pencapaian perkembangan lho Moms, salah satunya dan yang paling dinanti oleh para Moms dan Dads adalah ketika sang Buah Hati berhasil memanggil “Mama dan Papa”. Sementara jenis Milestone yang terakhir adalah pencapaian secara sosial, artinya sang Buah Hati mampu berinteraksi dengan orang disekelilingnya. Hal ini bisa ditandai sesederhana dengan tersenyum kepada orang lain, senang melihat dirinya sendiri di depan kaca, dan lain-lain.

Tetapi perlu diingat Moms, setiap Milestone di atas baik secara gerakan, kognitif, bahasa, dan sosial tetap perlu disesuaikan dengan kelompok usianya ya Moms sehingga Moms bisa mengetahui apakah ia memiliki pencapaian perkembangan yang sama dengan anak seusianya atau tidak. Jangan lupa untuk terus mempersiapkan yang terbaik untuk menunjang segala pencapaian perkembangan sang Buah Hati, Moms.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *