NICE® Memberikan Anda Informasi Akurat Terkait Kehamilan Anda

Melalui pengambilan darah sederhana sejak usia kehamilan 10 minggu, NICE® menskrining kelainan kromosom paling umum yang dapat mempengaruhi perkembangan bayi Anda di kemudian hari. Tes ini dilakukan dengan sedikit atau tanpa menimbulkan resiko bagi kehamilan Anda.

Gambaran Ikhtisar
  • Sebuah tes darah sederhana yang ditujukan untuk menskrining kelainan kromosom dari bayi yang sedang berkembang. Sedikit atau bahkan tidak memiliki risiko sama sekali bagi kehamilan Anda.
  • Dapat dilakukan sejak 10 minggu kehamilan. Kehamilan kembar juga dapat dites.
  • Menggunakan teknologi Whole Genome Sequencing untuk memberikan cakupan yang komprehensif dari semua kromosom.
  • Tingkat akurasi lebih dari 99%.
  • Pilihan untuk mengetahui jenis kelamin bayi Anda.
  • Diuji oleh laboratorium bersertifikasi internasional di Korea Selatan.
  • Tersedia dua panel untuk mendeteksi hingga 10 kondisi.
  • Subsidi sebesar US$ 300 untuk melakukan pemeriksaan konfirmasi bagi pasien yang terdeteksi berisiko tinggi mengalami kelainan kromosom.
Tes Prenatal Konvensional
vs
NICE® NIPT

Tes prenatal konvensional, seperti tes triple, quad dan terintegrasi, memiliki angka positif palsu 4-5%. Hal ini berarti hanya sekitar 5% dari hasil yang ‘berisiko tinggi’ benar-benar mengalami Trisomi 21 sementara lainnya normal.3 Sisanya benar-benar dalam kondisi normal, tetapi salah didiagnosis sebagai bagian dari kelompok risiko tinggi.
Tes yang lebih Akurat Mengurangi Kebutuhan akan
Tes Prenatal Invasif yang Tidak Diperlukan
Kelompok pasien berisiko tinggi biasanya perlu melakukan tes invasif seperti pemeriksaan cairan ketuban sebagai pemeriksaan konfirmasi. Memilih tes atau pemeriksaan yang lebih akurat akan menghindarkan ibu hamil dari penderitaan dan kecemasan yang tidak perlu.


Tabel di bawah ini membandingkan berbagai pemeriksaan prenatal yang tersedia saat ini:

NICE®Tes Serum KonvensionalTes Konfirmasi
Tingkat Deteksi (T21)>99%80% – 95%99.99%
Tingkat Positif Palsu (T21)1.49%3-5%<1%
Kemungkinan RisikoTidak (Non-Invasif)Tidak (Non-Invasif)Ya (Invasif)
SpesimenDarah sebanyak 10 mlDarah sebanyak 5 mlCairan ketuban atau sel korionik
Waktu PemeriksaanSejak 10 Minggu Kehamilan10- 22 minggu kehamilan10 – 20 minggu kehamilan
Metode PemeriksaanNext Generation Sequencing (NGS)Penanda biokimia serumMengambil cairan ketuban atau sel korionik
Waktu Penyelesaian10 – 14 hari kerja4 – 5 minggu 2 – 3 minggu
Source:

  1. Practice Bulletin No. 163: Screening for Fetal Aneuploidy; American college of Obstetrics & Gynaecologists. 127(5):e123–e137, May 2016.
  2. Kim MJ, Chang HK, Kim DI, Hee SU, Park S, Kim JH, Bae JS, Lee MH, Lee MS. Validation of fetus aneuploidy in 221 Korean clinical samples using non-invasive chromosome examination; J Genet Med 2015;12(2):79-84, May 2015.
  3. Non-Invasive Prenatal Testing (NIPT) Factsheet; National Coalition for Health Professional education in Genetics, 21 November 2012.
Mendaftar NIPT NICE®

Permintaan untuk pemeriksaan NIPT NICE® haruslah melalui dokter kandungan Anda, yang nantinya akan menjelaskan secara rinci mengenai NIPT untuk memastikan bahwa pemeriksaan ini cocok untuk Anda.

Tanyakan Sekarang
Perhatian
Tidak ada tes yang sempurna. Hasil tes DNA tidak memberikan risiko genetik yang pasti pada semua individu. DNA bebas sel tidak menggantikan akurasi dan presisi diagnosis prenatal dengan CVS atau amniosentesis. Pasien dengan hasil tes positif atau temuan tambahan harus dirujuk untuk konseling genetik dan ditawari diagnosis prenatal invasif untuk mengkonfirmasi hasil tes. Hasil tes negatif tidak serta merta menjamin bahwa kehamilan tersebut bebas dari kelainan. Tidak adanya temuan tambahan tidak berarti hasilnya negatif. Meskipun hasil pengujian ini sangat akurat, tetapi tidak semua kelainan kromosom dapat dideteksi karena adanya mosaic plasenta, atau penyebab lainnya. Penyedia layanan kesehatan bertanggung jawab atas penggunaan informasi ini dalam merawat pasien mereka.


NIPT adalah sebuah pemeriksaan skrining bukan merupakan tes diagnostik. Pasien sebaiknya memilih pemeriksaan ini setelah mendapatkan informasi yang cukup pada konseling pre-tes.