Tidak seperti pengumpulan spesimen darah,
Metascreen® memiliki prosedur non-invasif

Metascreen® merupakan skrining metabolik bayi baru lahir yang paling komprehensif. Berbeda dengan tes pada bayi baru lahir yang berada di pasaran.Metascreen® adalah tes urin yang sederhana dan bersifat non-invasif untuk mendeteksi lebih dari 100 kelainan metabolik tanpa melukai atau menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi Anda. Pemeriksaan skrining pada bayi baru lahir akan memudahkan penanganan dini dan mencegah dampak buruk jangka panjang bagi kesehatan bayi Anda.

Unlike blood specimen collection, Metascreen® is a non-invasive procedure

Metascreen® is the most comprehensive newborn metabolic screening. Unlike other newborn tests in the market, Metascreen® is a simple and non-invasive urine test to screen more than 100 metabolic disorders without causing any harm or discomfort to your baby. Screening your newborn will facilitate early treatment and prevent long term detrimental effects to your baby’s health.

Sangat Akurat dan Spesifik

Metascreen® menggunakan sebuah teknologi gas-chromatography mass spectrometry (GC/MS) yang diproduksi oleh Shimadzu, Jepang. Setelah pemrosesan sampel urin menggunakan GC/MS, kami menganalisis data dari GC/MS menggunakan bioinformatika planar milik sendiri yang awalnya dikembangkan oleh peneliti Jepang. Bioinformatika planar menggunakan beberapa analit (metabolit) yang dihasilkan dari beberapa jalur biokimia (metabolik) untuk mengidentifikasi satu kelainan metabolik. Hal ini berarti pemeriksaan dapat lebih terpercaya dan akurat dibandingkan dengan teknologi tradisional menggunakan tandem mass spectrometry (MS/MS) karena MS/MS hanya mengunakan 1 atau 2 profil analit untuk setiap kelainan, dan seringkali, profil analit yang sama digunakan untuk beberapa kelainan.

Laboratorium yang Terakreditasi oleh CAP

Akreditasi CAP (The College of American Pathologists) merupakan standar tertinggi bagi manajemen dan proses dari sebuah laboratorium, yang berfokus pada keandalan, ketepatan, dan kualitas. Akreditasi ini diberikan kepada fasilitas setelah dilakukannya inspeksi lokasi yang ketat disertai pemeriksaan catatan dan kualitas sistem manajemen fasilitas tersebut. Komitmen Cordlife dan fokusnya pada kualitas mendapat pengakuan saat fasilitas kami memperoleh akreditasi CAP yang bergengsi.

Metode Pemeriksaan yang sangat Andal

Menggunakan teknologi gas-chromatography mass spectrometry (GC/MS) yang telah disetujui oleh FDA, Metascreen® merupakan tes urin non-invasif yang menskrining lebih dari 100 kelainan Metabolik tanpa melukai atau menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi Anda. Kebanyakan kelainan Metabolik adalah kelainan asam organik (juga dikenal sebagai “asidemia organik”), di mana kelompok kelainan ini dapat dideteksi dengan lebih akurat menggunakan urin, berdasarkan pada pola ekskresi abnormal dari metabolit sebagai akibat dari kegagalan proses Metabolik yang disebabkan oleh gangguan tersebut. Oleh karena ginjal kita dapat menyingkirkan metabolit yang tidak diinginkan atau beracun dari dalam darah dengan efisien, maka senyawa tersebut akan dikeluarkan dalam jumlah banyak di urin, meskipun mungkin tidak dapat ditemukan dalam konsentrasi signinifikan di darah.1

The American College of Medical Genetics (ACMG) sebenarnya menyarankan analisis urin organik digunakan sebagai langkah diagnostik bagi beberapa kelainan Metabolik, ketika diperoleh hasil positif pada skrining bayi baru lahir menggunakan bercak darah kering yang dianalisa menggunakan spektrometri tandem mass (MS/MS).2,3

 Metascreen®

Teknologi GC-MS

Tes Lainnya

Teknologi MS-MS

InvasifUrin bayi Darah bayi yang diperoleh dari tusuk tumit
JumlahLebih dari 100 penyakit Sekitar 20 – 30 penyakit
Tingkat Akurasi99%3
Tingkat positif palsu yang lebih tinggi (0.07- 3.00%)4
SpesifisitasHasil yang spesifik menggunakanprofil beberapa analitTes konfirmasi dibutuhkan untuk memverifikasi
Waktu yang dibutuhkan sampai diagnosisDari pemeriksaan skrining dan konfirmasi sampai diagnosisDari pemeriksaan skrining sampai konfirmasi dan akhirnya diagnosis

Enroling Metascreen®

Your baby’s first step to a healthy life. Enrolling Metascreen® for your baby now, the only non-invasive comprehensive newborn screening that detects more than 100+ metabolic disorders.

Daftar Metascreen®

Langkah pertama bayi Anda menuju kehidupan yang sehat. Daftar Metascreen® sekarang untuk bayi Anda, satu-satunya skrining bayi baru lahir yang paling komprehensif dan dapat mendeteksi lebih dari 100 kelainan Metabolik.


Di Indonesia, sekitar 1 dari setiap 1,250 bayi5 diperkirakan lahir dengan kelainan Metabolik bawaan. Pemeriksaan skrining bayi Anda yang baru lahir akan memudahkan perawatan dini dan mencegah dampak buruk jangka panjang bagi kesehatan bayi Anda. 


Perhatian

Metascreen® Metascreen® merupakan sebuah merek yang terdaftar di Cordlife Group Limited, perusahaan yang terdaftar di Singapore Exchange Mainboard. Pemeriksaan skrining metabolik yang ditawarkan di bawah merek ini dilakukan oleh Cordlife (Hong Kong) Ltd., sebuah laboratorium terakreditasi CAP yang berkomitmen untuk menyediakan pemeriksaan untuk deteksi dini dan akurat kelainan Metabolik pada bayi baru lahir. Cordlife (Hong Kong) Ltd. memiliki kualitas sistem manajemen yang memastikan hasil skrining yang dihasilkan akurat. Seperti halnya tes laboratorium lain, hasil positif palsu atau negatif palsu tidak dapat sepenuhnya dihilangkan karena berbagai alasan, tetapi tidak terbatas pada usia pasien pada saat pengambilan sampel, status kesehatan pasien, kualitas sampel, dan variabel lainnya. Oleh sebab itu, risiko adanya suatu kelainan tidak boleh disingkirkan semata-mata hanya atas dasar skrining. Tanda atau gejala yang diamati harus segera ditindaklanjuti oleh penyedia layanan kesehatan.

Sumber:
1) Bouatra S, Aziat F, Mandal R, Guo AC, Wilson MR, et al. The Human Urine Metabolome. PLoS ONE. .2013, 8(9): e73076.
2) Michael J. Laboratory Medicine Practice Guidelines. Follow-up Testing for Metabolic Diseases Identified by Expanded Newborn Screening Using Tandem Mass Spectrometry. The National Academy of Clinical Biochemistry. 2009
3) Berdasarkan data internal, Juni 2020.
4) D. Matern, K. Raymond, S. Tortorelli, et al. Improving NBS Performance: The Mayo Clinic Experience Report.
5) Padilla CD, de la Paz EM. Genetic services and testing in the Philippines. J Community Genet. 2013;4(3):399-411.

*Skrining ini dapat dilakukan untuk anak sampai dengan usia hingga 14 tahun